Minggu, 26 Februari 2012


Bab 1
Pendahuluan
  1. Latar belakang masalah
Apa bila kita tidak belajar maka kemungkinan besar kita akan ketinggalan dan tidak akan menempuh kunci kesuksesan sehingga dalam suatu sisi belajarlah dengan giat dan tekun agar dapat meraih cita-cita maka munculah suatu kesuksesan yang kita inginkan.
Belajar juga merupakan keinginan dari diri kita sendiri, sehingga dalam belajar coalah mempunyai keinginan yang kuat agar tidak akan muncul suatu faktor kemalasan sehingga dalam belajar kita akan serius.
Dalam belajar yang giat maka kebodohan akan hilang dan rasa malas pun akan hilang maka munculah inspirasi beajar yang baik yang dapat mendorong kita untuk menempuh suatu kesuksesan.
Untuk meraih masa depan yang lebih baik, belajarlah yang bersungguh-sungguh sehingga masa depan itu akan bermanfaat bagi diri kita dan dapat memanggakan diri kita karena apa yang kita inginkan sudah tercapai.
Ilmu yang kita dapatkan asalnya dari belajar yang tekun yang selalu mendorong kita untuk selalu mendapatkan ilmu yang banyak karena tampa adanya ilmu kita tidak tau apa-apa dan kesuksesan tidak akan tercapai maka dari pada itu belajarlah yang baik untuk menuju kunci kesuksesan.

  1. Identifikasi masalah
Berdasarka latar belakan tersebut diatas dapat diidentifikasikan topik-topik permasalahan yang berhuungan dengan kunci kesuksesan yaitu sebagai berikut:
  1. Apa penyebab supaya kbelajar bias menjadi kunci kesuksesan?
  2. Apa yang harus saya lakukan supaya factor kemalasan hilang dalam belajar?
  3. Mengapa belajar bisa menjadi kunci kesuksesan?
  4. Bagaimana supaya dalam belajar bias mencapai kesuksesan?
  5. Bagaimana cara mendapat ilmu yang banyak sehingga mencapai kesuksesan?
  1. Batasan masalah
Dari beberapa identifiikasi topic permasalahan lebih perfokus dan berbobot, topic atau atau permasahan dibatasi hanya pada “bagaimana supaya dalam belajar bisa mencapai kesuksesan”.
  1. Tehnik perolehan data
Tehnik perolehan data dilakukan dalam
  1. Wawancara untuk mengetahui bagaimana supaya belajar kunci kunci kesuksesan
  2. Pengamatan tehadap orang-orang sudah sukses dan meraih cita-citanya.


  1. Tujuan
Bertujuan untuk mengikuti dan mendapatkan suatu informasi belajar benar-benar merupakan kunci kesuksesan sehingga sebagai seorang pelajar harus membuktikan bahwa belajar merupakan kunci kesuksesan.
  1. Manfaat
Manfaatnhya adalah agar pelajar bisa menghadiri kemalasan dalam belajar sehingga suatu cita-cita akan tercapai dan akan menjadi sukses seperti yang kita inginkan.












Bab 11
Kajian teori
BELAJAR MERUPAKAN KUNCI KESUKSESAN



Banyak orang yang mencapai kesuksesan adalah mereka yang mau belajar dan terus belajar. Belajar tidak hanya bagi mereka yang masih mudah, yang rata-rata masih anak sekolahan. Tapi belajar itu wajib bagi siapa saja, entah dia kecil atau besar, tua atau pun muda, semua sama, terus belajar tanpa henti. Orang yang selalu belajar akan selalu menemukan sesuatu yang baru dalam hidupnya, memiliki ide kreatif dan inovatif. Merekalah orang yang selalu menua keberuntungan dan tidak tertinggal oleh perkembangan zaman. Dengan belajar ilmu akan semakin bertambah, dengan bertambahnya ilmu semakin hebat pula menciptakan karya-karya baru, dengan terciptanya karya-karya baru itu semakin masyur pula anda, dan kebahagiaan akan menjadi milik anda. Sebaliknya, bagi mereka yang malas untuk belajar adalah mereka yang begitu dekat dengan kebodohan, dan kebodohan itu membuatnya tak ada arti sama sekali. Orang bodoh tak bisa berbuat banyak untuk hidupnya, ironisnya cara berfikir mereka sempit. Tidak jarang sebagian orang merasa sudah tahu, enggan untuk belajar, tak mau menerima karya-karya dari orang lain, mereka ego pada pengetahuan mereka. Apalagi usia mereka lebih tua, terkadang ego usia itu membuat mereka gelap mata, sulit bagi mereka mengakui keberadaan orang lain yang lebih muda dari mereka, yang menawarkan berbagai macam hasil atau produk. Padahal tidak harus seperti itu, setiap masa ada orangnya, setiap orang ada masanya, semua akan terus bergulir tanpa disadari. Akibatnya mereka tertinggal, tidak mampu lagi tampil untuk bersaing dengan cara-cara sehat. Mereka mendoktrin diri mereka yang lebih hebat dari pada pendatang baru.
Orang yang selalu belajar akan selalu menghargai karya orang lain sebagai kekayaan intelektual, yang harus diakui dan dilindungi secara hukum.
Belajar adalah sesuatu yang harus dilakukan dalam menuntut ilmu dan untuk mencapai cita – cita. Belajar bisa dari banyak hal baik dari sekolahan mau pun dari pengalaman yang kita peroleh. Seseorang yang banyak belajar pastinya memiliki wawasan yang luas dan juga daya pikir yang kreatif. Dalam belajar tentunya kita memiliki cara – cara tersendiri agar apa yang kita pelajari mudah kita ingat dan dimengerti, disini saya akan memberikan kiat sukses dalam belajar, terutama bagi kita yang masih berstatus pelajar tentunya ini sangat penting. Berikut adalah enam (6) langkah kunci sukses dalam belajar :
  1. Keteguhan Hati
Syarat utama dalam belajar, seseorang harus memiliki keteguhan hati untuk belajar. Seseorang yang telah memiliki keteguhan hati untuk belajar tidak akan berhenti belajar ditenga jalan sebelum maksud belajarnya tercapai. Jika Anda ingin sukses belajar, Anda harus memiliki keteguhan hati untuk belajar. Jika Anda telah memiliki kemampuan pengendalian diri :
    • Anda tidak akan mudah terpengaruh pada hal – hal dalam menghambat Anda untuk belajar
    • Anda akam mampu memilih mana yang lebih penting atau lebih diutamakan untuk dilakukan
    • Anda tidak mudah menyerah jika menghadapi bagian – bagian yang tersulit dari pelajaran yang Anda dihadapi
Untuk memupuk dan menumbuhkan keteguhan hati, Anda perlu memiliki rasa tertarik terhadap apa yang dipelajari, cita – cita, tujuan dan terget yang hendak dicapai, rasa percaya diri, keinginan yang terbaik, tehnik belajar yang efektif.
  1. Disiplin dan Belajar Secara Teratur
Anda harus dapat mengembangkan pola belajar secara teratur dan terencana, kemudian anda harus disiplin diri untuk mentaati rencana belajar yang telah anda susun tersebut. Jangan biarkan kebiasaan buruk menunda waktu belajar menghinggapi anda. Membiasakan diri dengan belajar secara teratur dan ditunjang dengan kedisiplinan dalam belajar membuat anda memiliki kecakapan belajar dengan baik yang pada akhirnya mempengaruhi pola pikir dan membentuk watak kepribadian yang baik.
  1. Kesehatan Jasmani dan Rohani
Yang perlu mendapat perhatian anda yang berkaiatan dengan kesehatan jasmani, antara lain :
    • Kebutuhan nutrisi harus cukup
    • Bebas dari gangguan penyakit
    • Kondisi jasmani harus segar (fress)
    • Kondisi atau fungsi panca indra harus normal
Disamping kondisi jasmani, tak kalah pentingnya adalah kondisi rohani (psikis) anda harus benar – benar siap untuk melakukan aktivitas belajar. Ketegangan – ketegangan emosional yang sangat menghambat proses belajar harus segera disingkirkan terlebih dahulu, seperti peraaan sedih, marah, iri, dendam dan lain – lain harus dilenyapkan dari dasar lubuk diri anda.
  1. Lingkungan Belajar yang Kondusif
Suasana tempat lingkungan belajar itu dapat dibedakan antara suasana lingkungan sodial dan ligkungan non sosial. Yang dimaksud dengan suasana lingkunan non sosial adalah kondisi tata laksana ruangan tempat belajar dan suasana ruangan temapat belajar. Tata laksana ruangan tempat belajar benar – benar harus tertata rapi dan teratur, agar dapat mendukung terciptanya kegiatan belajar dengan baik. Jangan sekali – kali meletakkan sesuatu yang dapat mengganggu atau yang dapat memecahkan perhatian anda, sehingga akan menyulitkan Anda untuk konsentrasi belajar.
Sedang yang dimaksud dengan suasana lingkungan sosial adalah faktor hubungan sesama manusia yang turut mempengaruhi kegiatan belajar seseorang. Hubungan antara sesama manusia yang turut mempengaruhi proses belajar seseorang diataranya hubungan subyek belajar di dalam lingkungan sekolahnya maupun hubungan subyek belajar di dalam lingkungan masyarakat atau pergaulan.
  1. Sumber Belajar dan Perlengkapan Belajar
Jika anda ingin mendapatkan hasil belajar yang baik, tentunya anda harus mutlak mempersiapkan sumber – sumber belajar yang cukup mendukung, seperti buku – buku, majalah ilmiah, media masa, jurnal – jurnal, dan lain – lain. Semakin banyak tersedia bahasa atau sumber belajar yang dipelajari akan semakin banyak pengetahuan dan kecakapan yang dikuasai seseorang.
  1. Tehnik Belajar
Mempergunakan tehnik belajar dalam belajar akan mempermudah kita untuk melakukan pemusatan konsentrasi belajar pada pokok pelajaran secara terarah.
Yang dimaksud dengan tehnik belajar harus simple dan mudah dilaksanakan dan hanya perlu saja dalam belajar. Tehnik belajar tersebut berintikan sebagai berikut :
    • Pertama, upaya yang harus dilakukan adalah penetapan tujuan yan hendak dicapai.
    • Kedua, upaya bagaimana mengembangkan cara mendengar, mengembangkan cara membaca atau mengembangkan cara mempergunakan dnegan memakai kata tanya yaitu, bagaimana, mengapa, apa, dimana, siapa dan kapan.
    • Ketiga, upaya untuk menyusun rangkuman dan kesimpulan yang dipalajari dengan kata – kata sendiri.
    • Keempat, upaya melakukan evaluasi tingkat penguasaan materi pelajaran
    • Kelima, upaya melakukan pengulangan bagian – bagian yang belum dikuasai
Itulah beberapa kunci sukses dalam belajar, disamping itu masih banyak lagi kunci – kunci yang lain yang bisa membuat kita menjadi orang yang sukses.
Bab 111
Metode pengolahan data
  1. Waktu dan lokasi penelitian
Data kami peroleh pada wawancara
  1. Hari,tanggal : Senin, 24 oktobet 2011
  2. Waktu : 10.00 s.d selesai
  3. Tempat : Ruang guru SMK Neg.1Sinjai
Data kami peroleh pada pengamatan
  1. Hari,tanggal : Rabu, 26 oktober 2011
  2. Waktu : 09.00 s.d selesai
  3. Tempat : Ruang guru SMK Neg.1Sinjai

  1. Jadwal kegiatan
Jadwal pengolahan data yang dilakukan terangkum dalam table berikut ini.
No
Kegiatan

Pelaksanaan




Hari
Tgl/bln/thn
Waktu
tempat
Persiapan
Minggu
23 oktoer 2011
10.30
Ruang guru
Wawancara
Senin
24 oktober 2011
10.00
Ruang guru
Pengamatan
Rabu
26 oktober 2011
9.00
Ruang guru
Pengelolaan data
Jumat
28 0ktober 2011
8.00
Ruang guru
Penyusunan proposal
Senin
31 oktoer 2011
9.00
Ruang guru














  1. Biaya pelaksanaan
Biaya yang dikeluarkan dalam membuat proposal ini yaitu:
No.
Jenis anggaran
Rincian jumlah
Transportasi
Rp. 50.000
Komsumsi
Rp. 75.000
Peralatan
Rp. 50.000
Pejilidan
Rp. 3.000

Total
Rp.178.000









Daftar pustaka
Jueniarto.2007.Kunci kesuksesan adalah belajar.jakarta:Aksara baru


Tidak ada komentar:

Posting Komentar