Minggu, 26 Februari 2012

Pengaruh Penggunaan Handphone Bagi Pelajar

SMK NEGERI 1 SINJAI
ORGANISASI SISWA INTRA SEKOLAH

NOTULEN
SOSIALISASI DAMPAK PENGGUNAAN
HANDPHONE BAGI PELAJAR

I. Hari        : Selasa
Tanggal        : 29 November 2011
Jam        : 11.00-12.00 WITA
Tempat        : Kelas III AP I SMKN I Sinjai Utara

II. Ketua        : Nurliati
Sekretaris    : Sry Rahayu
Hadir        : 36 Siswa
Tak hadir        : -

III. Acara:
1. Pembukaan
2. Laporan  ketua pelaksana
3. Arahan –arahan
4. Uraian materi
5. Tanya jawab
6. Kesimpulan
7. Istirahat
8. Penutup
IV. Risalah pembicaraan:

Acara ke-1:
1. Pembukaan rapat oleh Pewara
“assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Rasa syukur marilah kita panjatkan kehadirat Allah SWT. yang senatiasa melimpahkan rahmat, hidayat dan inayat-Nya, sehingga kita dapat dipertemukan dan berkumpul dalam satu majlis yang penuh berkah di dalam acara Sosialisasi Dampak Penggunaan Handphone Bagi Pelajar.
Untuk mengawali Sosialisasi ini, marilah kita buka bersama dengan membaca Basmalah ”
2. Pembacaan Tata tertib rapat oleh Notulis
3. Penyerahan wewenang MC kepada Moderator untuk mengambil alih jalannya rapat.

Acara ke-2:
1. Arahan-arahan dari moderator
2. Penyampaian tujuan rapat oleh Moderator

Acara ke-3:
Pembacaan materi rapat oleh Narasumber
“DAMPAK POSITIF DAN NEGATIF PENGGUNAAN HANDPHONE BAGI PELAJAR
Kemajuan teknologi ponsel yang sangat pesat menimbulkan dampak positif dan negative bagi para penggunanya, khususnya para remaja.


1. Dampak Positif :
Mempermudah komunikasi.
Menambah pengetahuan tentang perkembangan teknologi.
Memperluas jaringan persahabatan.
2. Dampak Negatif
Mengganggu Perkembangan Anak :
Efek radiasi
Rawan terhadap tindak kejahatan
Sangat berpotensi mempengaruhi sikap dan perilaku siswa
Pemborosan
Konsentrasi belajar menurun

Acara ke-4: Tanya jawab:

Babakan Pertama:
1. Pertanyaan kelompok I atas nama AGUSTINA
“Berikan beberapa TIPS agar pelajar tidak menggunakan HP ke arah yang Negatif ?”
2. Pertanyaan dari kelompok II atas nama ARIFUDDIN
“Mengapa HP dikatakan dapat menambah ilmu pengetahuan tentang teknologi ?”

Dijawab oleh Narasumber atas nama SAHRIL
1. TIPS agar pelajar tidak menggunakan HP kearah yang negatif yaitu :
Memperbanyak waktu belajar;
Menghindari ketergantungan terhadap HP;
Menyadari fungsi utama dari HP;
Orang tua harus member batasan-batasan terhadap anaknya dalam mempergunakan HP;
2. HP dikatakan dapat menambah ilmu  pengetahuan tentang teknologi karena Ini jaman tehnologi, hampir seluruh aspek hidup tidak ada yang luput dari sentuhan tehnologi,tidak terkecuali tehnologi informasi;bahkan globalisasi informasi telah mengubah pola hubungan komunikasi terutama setelah munculnya sebuah benda mungil bernama hand phone. Dengan HP kita mampu mengikuti perkembangan Zaman Modern yang serba canggih, yang mana HP dapat kita gunakan sebagai alat komunikasi dengan jarak jauh.

Babakan kedua:
1. Pertanyaan dari kelompok III atas nama DELIANA
“Seperti apakah dampak Efek radiasi yang ditimbulkan oleh HP ?”
2. Pertanyaan dari kelompok IV atas nama ISMAIL
“Mengapa HP dikatakan dapat merubah Pola kehidupan para pelajar ?”

Dijawab oleh Narasumber atas nama NURLIATI:
1. Efek radiasi yang ditimbulkan dalam penggunaan HP yaitu efek yang dapat mengganggu kesehatan individu / pengguna HP, Misalnya gangguan pada pendengaran (telinga) yang disebabkan oleh interaksi langsung  dari speaker,  electronics maupun microphone HP saat menelfon maupun mendengarkan music.
2. HP dikatakan dapat merubah Pola kehidupan para pelajar karena ketika HP dimiliki oleh para generasi muda seperti pelajar menjadi menarik untuk kita cermati, karena handphone tidak hanya dijadikan media komunikasi, tetapi juga sebagai gaya hidup (life style) dan tidak jarang pula remaja salah mem-fungsikan-nya. Sebagian besar para pelajar mengatakan bahwa tujuan utama menggunakan ponsel adalah, “Sebagai alat komunikasi dan sebagai penyambung silaturahmi, dan tidak menutup kemungkinan sebagai hiburan,.” Dengan begitu pelajar akan mengalami ketergantungan sehingga pola kehidupannya juga dapat berubah.

Babakan ketiga:
1. Pertanyaan dari kelompok V atas nama HASTITI:
“Apa efek radiasi penggunaan HP bagi pelajar dan mengapa HP dapat berpengaruh bagi pelajar?”
2. Pertanyaan dari kelompok VI atas nama LATIFAH VEBRIYANTI:
“Apakah anda setuju bahwa HP merupakan salah satu perusak bagi pelajar?”

Dijawab oleh Narasumber atas Nama SRY RAHAYU:
1. Efek radiasi yang ditimbulkan dalam penggunaan HP yaitu efek yang dapat mengganggu kesehatan individu / pengguna HP, Misalnya gangguan pada pendengaran (telinga) yang disebabkan oleh interaksi langsung  dari speaker,  electronics maupun microphone HP saat menelfon maupun mendengarkan music. HP dapat berpengaruh bagi pelajar karena pada umumnya HP lebih banyak menimbulkan dampak negative dari pada dampak positifnya. Salah satu contoh yang paling dominan yaitu penyebaran film –film porno, secara perlahan sikap dan prilaku pelajar bisa terbawa dari pada apa yang ditonton dari film tersebut.
2. Saya setuju bahwa HP salah satu perusak bagi pelajar karena  handphone tidak hanya dijadikan media komunikasi, tetepi juga sebagai gaya hidup dan tidak jarang pula pelajar salah mem-fungsikan-nya. Sebagian besar para pelajar mengatakan bahwa tujuan utama menggunakan ponsel adalah, “Sebagai alat komunikasi dan sebagai penyambung silaturahmi, dan tidak menutup kemungkinan sebagai hiburan,.”

Babakan ke empat:
1. Pertanyaan dari kelompok VII atas nama ANDIKA PARAWANSA
“Upaya apa yang seharusnya dilakukan untuk mengatasi masalah –masalah yang ditimbulkan dari penggunaan HP bagi pelajar ?”
2. Pertanyaan dari kelompok IX atas nama SARMAN
“Bagaimana peranan Orang Tua dalam menanggulangi dampak penggunaan HP bagi pelajar ?”

Dijawab oleh Narasumber atas nama RESKI
1. Upaya yang seharusnya dilakukan untuk mengatasi masalah –masalah yang ditimbulkan dari penggunaan HP bagi pelajar yaitu:
Memperbanyak waktu belajar;
Menghindari ketergantungan terhadap HP;
Menyadari fungsi utama dari HP;
Orang tua harus member batasan-batasan terhadap anaknya dalam mempergunakan HP;
2. Peranan Orang Tua dalam menanggulangi dampak penggunaan HP bagi pelajar yaitu
Mengurangi uang jajannya sebab bias jadi uang tersebut disalah gunakan yaitu untuk membeli pulsa;
Membatasi anaknya untuk menggunakan HP saat waktu belajarnya;
Lebih mengajarkan anaknya untuk berlaku jujur dan bertanggung jawab.

Acara ke-5: Penutup:
1. Pembacaan kesimpulan oleh Notulis.
2. Penutupan rapat oleh Moderator.

Sinjai,  30 November  2011

                                              Mengetahui,
         Ketua Pelaksana,                                                     Sekretaris,

               (Nurliati)                                                            (Sry Rahayu)

                                               Menyetujui,
Kepala SMKN I SINJAI,                                               Ketua Panitia,

    (Drs. Muhiddin)                                                  (Drs. H. Muh. Arsyad)










PENUTUP
Kami berharap laporan sosialisasi ini sedikit banyaknya memberikan manfaat khususnya bagi pelajar. Akhirnya kepada Allah jua kami memohon ampun, kalau sampai terjadi kesalahan dan kekurangan dalam penyusunan laporan sosialisasi ini.
Kami selaku panitia menyadari bahwa tugas ini sangat berat dan penuh tantangan. Namun hal ini tidak menjadi halangan bagi kami dalam melaksanakan Sosialisasi ini.

1 komentar: