Minggu, 26 Februari 2012

Pengaruh Kegiatan Ekstrakurikuler Pengajian Al-Qur'an terhadap Aktivitas Belajar Siswa

BAB I
PENDAHULUAN
  1. Latar Belakang
Belajar mengajar pada dasarnya merupakan proses interaksi edukatif antara guru dan siswa. Tujuan dari interaksi edukatif tersebut meliputi tiga aspek, yakni aspek kognitif, afektif dan psikomotorik. Untuk mencapai tujuan secara baik, diperlukan peran maksimal dari seorang guru, baik dalam penyampai materi, penggunaan metode, pengelolaan kelas dan sebagainya. Selain itu, diharapkan kepada guru untuk lebih kreatif untuk melakukan kegiatan pendukung pembelajaran didialam kelas salah satu kegiatan pendukung yang dimaksud adalah kegiatan ekstrakurikuler.
Kegiatan ekstrakurikuler merupakan “kegiatan yang dilaksanakan diluar jam pelajaran. Kegiatan ekstrakurikuler ini dapat dilakukan disekolah maupun diluar sekolah tergantung dengan kebutuhan dan kesesuaian jenis kegiatan ekstrakurikuler.
Khusus untuk mata pelajaran PAI, jenis kegiatan ekstrakurikuler yang sering dilaksanakan disekolah maupun diluar sekolah. Seperti pesantren kilat, perkampungan muslim, santri ramadhan, peringatan maulid Nabi, pengajian Al-Qur’an, calisa dan sebagainya.
Dari paparan singkat diatas bahwa kegiatan ekstrakurikuler merupakan kegiatan yang dapat menunjangkegiatan belajar siswa, termasuk kegiatan yang dapat menunjang aktivitas belajar siswa dikelas. Sebagian siswa yang sering mengikuti kegiatan OSIS, pesantern kilat, pramuka, peringatan PHBI, dan sebagainya juga aktif berpartisifasi dalam keiatan belajar di kelas.
B. Identifikasi masalah
Merujuk pada Latar belakang masalah di atas maka dapat di identifikasi beberapa masalah yang berkaitan dengan latar belakang diatas :
  • Apakah ada pengarauh terhadap perstasi belajar sisiwa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam setelah mengikuti kegiatan Ekstrakulikuler Pengajian Al-Quran?
  • Apakah terdapat hubungan antara kegiatan Ekstarkulikuler pengajian Al-Quran pada prestasi belajar Siswa?
  • Bagaimana sikap pelajarterhadap adanya kegiatan ekstrakulikuler al-Quran?
  • Apa yang dilakukan para pelajar dengan adanya kegiatan tersebut?
  • Apakah kegiatan ekstrakulikuler al-Quran berdampak bagi para pelajar?
C. Pembatasan Masalah
Karena keterbatsan dari segi waktu, kesempatan dan kemampuan peneliti, maka penilitian ini hanya membahas tentang Pengaruh Kegiatan Ekstrakurikuler Pengajian Al-Qur’an terhadap Aktivitas Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam.
  1. Teknik Pengumpulan Data
Untuk mendapatkan data yang berkaitan dengan kegiatan ekstrakurikuler pada mata pelajaran PAI maka kami akan menggunkan teknik langsung terjun kelapangan yang berupa observasi. Karena dengan instrument pengumpulan data semacam ini kami rasa data yang akan dikumpulkan lebih akurat bila kita mengamati sendiri apa yang akan terjadi dilapangan tersebut. Yang menjadi sasaran pada penelitian ini adalah sisiwa SMKN 1 Sinjai kelas 2 AP 3, alasan memilih kelas dikarenakan faktor lokasi dan keadaan dimana kami merasa perlu melakukan observasi penelitian ini.
E. Tujuan
Tujuan utama dari penulisan karya tulis ini adalah untuk menyampaikan informasi tentang Pengaruh Kegiatan Ekstrakurikuler Pengajian Al-Qur’an terhadap Aktivitas Belajar Siswa. Namun secara spesifik tujuan penulisan karya tulis ini bertujuan untuk memperoleh informasi dan kejelasan tentang:
  • Kegiatan Ekstrakurikuler Pengajian Al-Qur’an Siswa pada Mata Pelajaran PAI
  • Aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran PAI
  • Pengaruh yang signifikant antara kegiatan terhadap aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran PAI.
  1. Manfaat
Adapun manfaat penulisan karya tulis ini dapat kami rangkum yaitu:
  • Memberikan sumbangan pemikiran dalam rangka pengembangan ilmu pendidikan terutama dikaitkan dengan hal-hal yang mempengaruhi keberhasilan belajar anak.
  • dapat digunakan sebagai sumbangan pemikiran dalam rangka penyempurnaan konsep maupun implementasi praktik pendidikan sebagai upaya yang strategis dalam pengembangan kualitas sumberdaya manusia.














BAB II
KAJIAN MATERI
Pengaruh Kegiatan Ekstrakurikuler Pengajian Al-Qur’an terhadap Aktivitas Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam
1. Kegiatan Ekstrakurikuler
  1. Pengertian Ekstrakurikuler Pengajian Al-Qur’an (PAI)
Kegiatan ekstrakurikuler adalah “kegiatan yang dilaksanakan disekolah atau dilingkungan masyarakat untuk menunjang program pengajaran”. Selain itu, Suharsimi Arikunto mendefinisikan kegiatan ekstrakurikuler sebagai “kegiatan tambahan diluar struktur program yang pada umumnya merupakan program pilihan“.
Adapun pengertian pengajian Al-qur’an (PAI) adalah “usaha sadar untuk menyiapkan siswa dalam meyakini, memahami, menghayati dan mengamalkan agama islam melalui kegiatan bimbingan, pengajaran, latihan dengan memperhatikan tuntunan untuk menghormati agama lain dalam kerukunan antar umat beragama”.
Berdasarkan pebgertian diatas, dapat disimpulkan bahwa yang dimaksud kegiatan ekstrakurikuler pengajian Al-Qur’an adalah kegiatan tambahan yang dilaksankan diluar jam tambahan biasa dengan tujuan agar kegiatan tambhan tersebut dapat membantu manyiakan siswa yang meyakini, memahami, menghayati, dan mengamalkan agama Islam dengan memperhatikan tuntunan untuk menghormati agama lain dalam hubungan kerukunan antar umat beragama.
  1. Prinsip-prinsip Program Ekstrakurikuler
Dengan berpedoman pada maksud dan tujuan kegiatan ekstrakurikuler disekolah maka dapat dikemukakan prinsip-prinsip kegiatan ekstrakurikuler. prinsip kegiatan ekstrakurikuler adalah sebagai berikut:
  • Semua siswa, guru dan personil administrasi sekolah hendaknya ikut serta dalam usaha meningkatkan program.
  • Kerjasama dalam team adalah fundamental.
  • Perbuatan untuk partisipasi hendaknya dibatasi.
  • Proses lebih penting daripada hasil.
  • Program hendaknya memperhitungkan kebutuhan khusus sekolah.
2. Aktivitas Belajar Siswa
a. Pengertian Aktivitas Belajar Siswa
Aktivitas belajar merupakan suatu kegiatan yang dilakukan untuk menghasilkan perubhan pengetahuan-pengetahua, nilai-nilai sikap, dan keterampilan pada siswa sebgai latihan yang dilaksanakan secara sengaja.
b. Jenis Aktivitas Belajar Siswa
Berdasarkan pengetahuan tentang prinsip-prinsip diatas, diharapkan kepada guru untuk dapat mengembangkan aktivitas siswa. Diatas jenis-jenis aktivitas yang dimaksud dapat digolongkan menjadi:
  1. Visual Activities, yaitu segala kegiatan yang berhubungan dengan aktivitas siswa dalam melihat, mengamat, dan memperhatikan.
  2. Oral Activities, yaitu aktivitas yang berhubungan dengan kemampuan siswa dalam mengucapkan, melafazkan, dan berfikir.
  3. Listening Aktivities, aktivitas yang berhubungan dengan kemampuan siswa dalam berkonsentrasi menyimak pelajaran.
  4. Motor Activities, yakni segala keterampilan jasmani siswa untuk mengekspresikan bakat yang dimilikinya.
Berdasarkan gambaran diatas maka akan diketahui apakah ada pengaruh yang ditimbulkan kegiatan ekstrakurikuler mata pelajaran PAI terhadap aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran PAI . Lalu denagn diketahui pengaruhnya sehingga memungkinkan kemudahan bagi guru untuk menyusun rencana kerja yang berkaitan dengan kegiatan ekstrakurikuler tersebut.
Sebelum melakukan penulisan ini, kami telah menelusuri beberapa hasil penelitian terdahulu yang memiliki keterkaitan dengan penulisan yang kami lakukan ini. Dari beberapa contoh judul penelitian terdahulu memang memiliki keterkaitan dari segi masalah yaitu mencari tahu tentang hubungan dan pengaruh akan tetapi objek dan sasarannya yang berbeda. Oleh karena itu peneliti memilih masalah tentang Pengaruh Kegiatan Ekstrakulikuler pada aktivitas belajar siswa kelas II AP 3 di SMKN 1 Sinjai.
Menurut Arikunto mendefinisikan hipotesis sebagai “suatu jawaban yang besifat sementara terhadap masalah penelitian sampai terbukti melalui data yang akan terkumpul“. Berdasarkan pendapat diatas maka akan Kami rumuskan bahwa terdapat Pengaruh Kegiatan Ekstrakurikuler Pengajian Al-Qur’an terhadap Aktivitas Belajar siswa Kelas II AP 3 pada Mata Pelajaran PAI di SMKN 1 Sinjai.






BAB III
METODE PEROLEHAN DATA
  1. Sasaran, Waktu dan Lokasi Penelitian :
  • Hari/tanggal: Jumat/28 Oktober 2011- Senin/28 November 2011
  • Waktu: 1 (satu) bulan
  • Tempat: Kelas II AP 3 di SMKN 1 Sinjai
  1. Jadwal Kegiatan
Jadwal perlehan data yang dilakukan diterangkan dalam table berikut :
No
KEGIATAN
PELAKSANAAN
Hari
Tgl/bln/thn
Waktu
tempat
1.
Perencanaan
Kamis
27/10/2011
08.00-14.00
Kelas III AP 1 di SMKN 1 Sinjai
2.
Penelitian
Jumat-senin
28/10/2011- 28/12/2011
1 bulan
Kelas II AP II di SMKN 1 Sinjai
3.
Pengolahan Data
Selasa
29/11/2011
08.00-selesai
Kelas III AP 1 di SMKN 1 Sinjai
4.
Penulisan Laporan
Selasa
1/12/2011
08.00-selesai
Kelas III AP 1 di SMKN 1 Sinjai


  1. Biaya Pelaksanaan
Anggaran biaya yang digunakan selama proses pengamatan yaitu:
No
Jenis Anggaran
Rincian Jumlah
1
ATK
Rp. 40.000,-
2
Penjilid
Rp. 10.000,-
3
Biaya penelitian
Rp. 200.000,-
4
Komsumsi
Rp. 200.000,-
5
Pengetikan
Rp. 100.000,-
Total Anggaran
Rp. 550.000,-









Daftar Pustaka
Suryosubroto B, Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta,1997
Nasir, A Sahilun, Peranan Pendidikan Agama Terhadap Pemecahan Problem Remaja. Jakarta: Kalam Mulia, 2002
Arikunto, Suharsimi, Penilaian Program Pendidikan. Jakarta: Bina Aksara, 1988
Arikunto, Suharsimi, Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta, 1995
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Cet 3. Bandung : Alpabeta, 2007




Tidak ada komentar:

Posting Komentar